Skip to main content

Memahami Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Deskriftif dan Penelitian Pendidikan Dengan Mudah

Metode Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Pendidikan
Cara melakukan penelitian kualitatif, kuantitatif, deskriptif dan pendidikan

Melakukan penelitian memang tidak mudah. Sebelum melakukan penelitian kita harus mengerti tentang apa itu Penelitian kualitatif, penelitian deskriptif, penelitian kuantitatif dan penelitian pendidikan.

Penelitian pendidikan yaitu satu aktivitas yang systematis untuk temukan jawaban yang mendekati kebenaran tentang persoalan pendidikan atas basic penalaran yang rasional serta logis, dan ada support dari kenyataan empiris. 

Penelitian pendidikan biasanya dikerjakan untuk meningkatkan, temukan serta menguji atas kebenaran dari satu rencana, prinsip, pengetahuan serta tentang pendidikan pada umumnya. Mengenai maksud riset pendidikan seperti berikut : 

  1. Untuk bahan input, tingkatkan kualitas isi, sistem dan hasil evaluasi serta pendidikan di sekolah. 
  2. Untuk menolong tenaga kependidikan seperti guru serta yang lain dalam menangani problem pendidikan serta evaluasi baik diluar ataupun didalam kelas. 
  3. Untuk tingkatkan profesionalisme didalam dunia pendidikan ataupun tenaga kependidikan. 
  4. Untuk menumbuhkan serta meningkatkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, hingga dapat lakukan perbaikan kualitas evaluasi serta pendidikan dengan berkepanjangan. 
  5. Untuk tingkatkan ketrampilan untuk tenaga pengajar terutama waktu lakukan PBT. 
  6. Untuk tingkatkan kerja sama yang profesional diantara beberapa pendidik ataupun tenaga kependidikan. 

Diluar itu faedah dari Penelitian pendidikan sendiri yakni : 
Jadi peta yang bisa mendeskripsikan tentang kondisi pendidikan dan mendeskripsikan mengenai kekuatan sumber daya .

Tentang peluang kendala yang dapat dihadapi. 
Jadi fasilitas diagnosis saat mencari penyebabnya satu kegagalan serta problem yang di hadapi ketika proses pendidikan supaya dapat di cari penyelesaiannya. 
Jadi bahan basic untuk membuat satu kebijakan, termasuk juga kiat dalam pengembangan pendidikan. 
Jadi input yang bisa memberi deskripsi tentang kekuatan dalam perlengkapan, pembiayaan, perbekalan serta tenaga kerja yang mempunyai peranan dalam kesuksesan pendidikan. 
Untuk beberapa jenis dari penelitian pendidikan sendiri dibagi jadi 6 sisi yaitu : 
Penelitian Deskriptif 
Penelitian deskriptif yaitu satu diantara tipe metode penelitian yang maksudnya adalah untuk memberikan deskripsi lengkap perihal setting sosial atau ditujukan utk eksplorasi serta klarifikasi perihal satu fenomena atau fakta sosial, dengan jalan mendeskripsikan beberapa variabel yang sehubungan dengan kendala serta unit yang di teliti pada fenomena yang ditest. Dalam riset ini, peneliti sudah punya pengertian terang mengenai subyek riset serta juga akan memanfaatkan pertanyaan who dalam menggali kabar yang diperlukan. 
Maksud dari penelitian deskriptif yaitu hasilkan deskripsi akurat mengenai satu buah grup, melukiskan mekanisme satu buah sistem atau hubungan, memberi deskripsi lengkap baik berbentuk verbal atau numerikal, menghidangkan kabar basic juga akan satu hubungan, membuat seperangkat kelompok serta mengklasifikasikan subyek riset, menuturkan seperangkat bagian atau sistem, dan utk menaruh kabar berbentuk kontradiktif perihal subyek riset.
Metode Penelitian deskriptif ini berupaya untuk melukiskan satu aktivitas riset yang dikerjakan pada objek-objek spesifik lewat cara systematis serta terang. 

Penelitian Uji coba 
Metode penelitian uji coba ini dikerjakan dengan memakai 3 kriteria yakni peneliti mesti lakukan aktivitas mengontrol, lalu merekayasa dan lakukan observasi. 

Penelitian Perbuatan Kelas 
Penelitian ini adalah bentuk riset pada refleksi diri berdasar pada yang telah dikerjakan partisipan sampai kini dalam beberapa kondisi sosial (pendidikan) supaya dapat melakukan perbaikan praktik yang dikerjakannya. 

Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah Metode kualitatif tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis . Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian metode kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”. 
Cara metode kualitatif ini yang kerapkali dipakai untuk lakukan riset pada keadaan objek alamiah. 

Penelitian Kuantitatif 
Penelitian kuantitatif yaitu penelitian ilmiah yang systematis pada bebrapa sisi serta fenomena dan hubungan-hubungannya. Maksud penelitian kuantitatif yaitu meningkatkan serta memakai beberapa jenis matematis, teori-teori serta/atau hipotesis yang terkait dengan fenomena alam. Sistem pengukuran yaitu sisi yang sentral dalam metode kuantitatif karna hal semacam ini memberi hubungan yang fundamental pada penilaian empiris serta ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif. 
metode kuantitatif banyak dipakai baik dalam beberapa pengetahuan alam ataupun beberapa pengetahuan sosial, dari fisika serta biologi sampai sosiologi serta jurnalisme. Pendekatan ini dipakai jadi langkah untuk mempelajari beragam segi dari pendidikan. Arti metode kuantitatif seringkali dipakai dalam beberapa pengetahuan sosial untuk membedakannya dengan riset kualitatif. 

Penelitian kuantitatif yaitu pengertian, pengukuran data kuantitatif serta statistik objektif lewat perhitungan ilmiah datang dari sampel beberapa orang atau masyarakat yang disuruh menjawab atas beberapa pertanyaan mengenai survey untuk memastikan frekwensi serta persentase respon mereka. Jadi contoh : 240 orang, 79% dari populasi sampel, menyebutkan kalau mereka lebih yakin pada diri mereka pribadi masa depan mereka dari satu tahun waktu lalu sampai hari ini. Menurut ketetapan ukuran sampel statistik yang berlaku, jadi 79% dari penemuan bisa diproyeksikan ke semua populasi dari sampel yang sudah diambil. pengambilan data ini yaitu dikatakan sebagai survey kuantitatif atau metode kuantitatif.
Metode Kuantitatif penelitian ini yang dipakai untuk mempelajari sampel atau populasi spesifik. 

R & D 
Research an Development atau riset serta pengembangan ini adalah kiat yang ampuh untuk melakukan perbaikan praktik. Tujuannya untuk meningkatkan product baru. 

Pada intinya Penelitian pendidikan adalah langkah untuk peroleh info yang dapat dipertanggungjawabkan jadi usaha untuk mengerti sistem kependidikan. Penelitian pendidikan memang tidak sulit untuk dilakukan.

Penelitian (research) dapat diartikan sebagai upaya atau cara kerja yang sistematik untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dengan jalan mengumpulkan data dan merumuskan generalisasi berdasarkan data tersebut. Diartikan juga sebagai proses pemecahan masalah dan menemukan serta mengembangkan batang tubuh pengetahuan yang terorganisasikan melalui metode ilmiah.

Berdasarkan pengertian di atas, maka penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai proses yang sistematis untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan masalah (problem solving) pendidikan melalui metode ilmiah, baik dalam pengumpulan maupun analisis datanya, serta membuat rumusan generalisasi berdasarkan penafsiran data tersebut. 

Yang dimaksud dengan metode ilmiah di sini adalah metode yang menggunakan
prinsip-prinsip science, yaitu sistematis, empiris dan objektif.
Untuk memecahkan masalah dapat juga dilakukan Pendekatan non-ilmiah, yaitu
menggunakan cara-cara 
(a) dogmatis, berdasarkan kepercayaan atau keyakinan tertentu
(b) intuitif, berdasarkan pengetahuan yang diperoleh secara tidak disadariatau tidak dipikirkan terlebh dahulu
(c) spekulatif, coba-coba, atau trial and error, cara terkaan, untung-untungan, yang temuannya bersifat kebetulan; dan 
(d) otoritas ilmiah, yaitu berdasarkan pendapat atau pemikiran logis para ahli dalam bidang
tertentu.

Jadi sebelum kita melakukan penelitian diharapkan memahami lebih mendalam tentang metodologi penelitian , metode kualitatif, metode kuantitatif, metode deskriptip dan apa itu penelitian pendidikan.

Popular posts from this blog

Cara-Cara UJI HA Dan HI Yang Praktis dan Mudah Dipahami

Kreatif Education - Disini penulis akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara Uji HA dan HI. Sebelum kita masuk kedalam materi Uji Ha dan Hi, teman teman harus mengetahui Pengertian HA , HI. Apa manfaat uji HA dan HI. Hemaglutination (HA) serta Hemaglutination Inhibition (HI) Test 1. Mengetahui ada tidaknya perkembangan virus ND dengan menggunakan uji HA serta HI cepat. 2. Mengetahui ada tidaknya perkembangan virus ND dengan menggunakan uji HA serta HI lambat. 3. Mengidentifikasi virus yang menghalangi aglutinasi dengan uji HI cepat. 4. Mengukur titer antibodi pada virus ND dengan uji HI lambat. 5. Uji hemaglutinasi dengan pelat mikro untuk ketahui titer enceran virus yang paling kecil yang masih tetap dapat mengaglutinasi eritrosit ayam serta kendala aglutinasi dengan pelat mikro bermanfaat untuk ketahui titer pengenceran paling kecil antibodi pada serum ayam yang masih tetap dapat menghalangi aglutinasi virus spesifik. Pemeriksaan Mikrobiologi Uji HA  UJI HEMAGLUT

Cara Membuat Preparat basah dan Preparat Kering, Paling Lengkap dan Prakrtis

Di bawah ini yaitu kajian mengenai langkah buat preparat/pembuatan preparat, cara membuat prepara itu ada beberapa macam salah satunya ; langkah buat preparat irisan, langkah buat preparat basah, terangkan langkah buat preparat irisan, langkah buat preparat kering. Ada beragam jenis tehnik untuk menolong pelajari objek biologi. Umpamanya, ketika penilaian bagian-bagian penyusun daun, dibutuhkan tehnik pembuatan sayatan serta tehnik pembuatan preparat. Segala teknik tersebut di antaranya sebagai berikut. Pemotongan dari arah yang berlainan juga akan hasilkan penampakan yang berlainan juga. Jadi contoh dua buah tomat jika dipotong dari arah yang berlainan, akhirnya juga berlainan. Apakah yang disebut dengan pemotongan melintang serta pemotongan membujur itu? Cermati gambar berikut ini! Langkah Pembuatan Preparat Basah Sebelumnya buat preparat baik yang basah ataupun yang kering ataupun yang basah, pertama-tama mesti menyiapkan terlebih dulu perlengkapannya. Alat untuk bu

GALENIKA EKSTRAK

GALENIKA EKSTRAK Sediaan galenik adalah sediaan yang di buat dari bahan baku hewan atau tumbuhan yang di ambil sarinya. Zat-zat yang tersari (berkhasiat) biasanya terdapat dalam sel-sel bagian tumbuh-tumbuhan yang umumnya dalam keadaan kering.Cairan penyari masuk kedalam zat-zat berkhasiat utama dari pada simplisia yang akan di ambil sarinya,kemudian, zat berkhasiat tersebut akan terbawa larut dengan cairan penyari, setelah itu larutan yang mengandung zat berkhasiat dipisahkan dari bagian simplisia  lain yang kurang bermanfaat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sediaan galenik diantaranya sebagai berikut: Drazat kehalusan Derazat kehalusan ini harus di sesuaikan dengan mudah atau tidaknya obat yang terkandung tersebut untuk disari.semakin halus simplisianya itu akan mempermudah proses penyarian, ataupun sebaliknya semakin sukar disari maka simplisia harus di buat semakin halus 2.Temperatur suhu dan lamanya waktu Suhu harus di sesuaikan de